3 Cara Mudah Melakukan Riset Data Presentasi Startup


Share :  

3 Cara Mudah Melakukan Riset Data Presentasi Startup


Presentasi yang berkualitas ditunjang dengan data yang valid. Begitu pula dengan slide presentasi perusahaan Anda. Validasi data bisa diperoleh dengan cara melakukan riset. Beberapa startup (perusahaan rintisan) mungkin mengalami dilema ketika ingin memperoleh data riset. Selain harganya yang mahal (apabila membayar lembaga survey), riset juga kadang diibaratkan mengerjakan skripsi. Padahal, semuanya dapat dipermudah sesuai dengan tujuan data masing-masing. Berikut 3 cara mudah yang biasanya diterapkan DoctorSlide dalam memberikan jasa presentasi premium (Content + Design) yang mencakup perihal data survey juga:

1. Riset/Survey Telepon

Anda bisa melakukan diskusi langsung dengan telepon yang Anda miliki. Caranya, miliki terlebih dahulu list pertanyaan yang berkaitan dengan slide presentasi Anda. Biasanya slide tentang testimonial ataupun opini produk/jasa yang Anda tawarkan sangat cocok di-survey singkat dengan metode telepon. Untuk peserta survey dapat Anda pilih secara random dari relasi Anda ataupun Anda tentukan sesuai dengan kategori yang Anda anggap cocok mewakili karakteristik customer Anda. Untuk hasil survey telepon dapat ditampilkan dalam bentuk potongan opini yang dilontarkan oleh peserta survey. 

2. Survey Online

Saat ini, sudah banyak sekali penyedia layanan survey online secara gratis yang dapat Anda gunakan. Metode ini lebih cocok bagi Anda yang menginginkan jawaban berupa angka (contoh slide terkait berapa banyak perempuan yang menggandrungi game Dota). DoctorSlide menyarankan Anda dapat menggunakan aplikasi Google Forms ataupun Survey Monkey yang dengan mudah mengelola hasil survey yang Anda menjadi kesimpulan yang bermanfaat. Dengan metode ini, Anda dapat menargetkan lebih banyak audience.

3. Mengutip Survey

Langkah ketiga ini sering diterapkan dalam menyusun presentasi startup. Selain karena datanya yang sudah divalidasi, metode mengutip survey juga tidak memerlukan dana/budget yang banyak. Bahkan, Anda hanya perlu bermodalkan komputer dan kpatuhan dalam memberikan catatan kaki (footnote) tentang sumber survey sebagai langkah apresiasi Anda secara profesional. Biasanya metode ini cocok untuk pertanyaan-pertanyaan/isu global yang ingin kita tampilkan di konten presentasi (contoh Slide tentang Total Addressable Market di negara ASEAN). 

Selalu ketahui terlebih dahulu tujuan Anda menampilkan data tersebut dan sesuaikan langkah paling sesuai serta mudah dilakukan. Pastikan pengolahan data yang Anda lakukan adalah valid dan tidak mengubah dari hasil fakta yang ada. Selamat melakukan riset!

Jika Anda menyukai artikel kami, bantu kami untuk menyebarluaskan pengetahuan ini via jejaring sosial (Facebook, Twitter, Google+, dan LinkedIn) thanks a bunch and have a nice day! :)

Photo credits: Pexels

Share :  


Website developed by TWMStudio.com
0%
Uploading